Setting Wireless OS X menjadi HotSpot

2013/07/01 |

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Mesin Mac anda bisa dijadikan sebagai Device untuk Tethering (berbagi akses internet).

Tidak pake repot download program tambahan, karena settingan sudah cukup hanya dengan fasilitas di OS X anda. Untuk itu saya mengucapkan,"Selamat karena sudah memberanikan diri untuk menggunakan Operating System dari Apple".

Anda mempunyai device seperti hanphone, tablet, & laptop lain butuh akses internet cukup gunakan trik ini. Sebagai alternatif apabila anda tidak mempunyai router untuk berbagi akses internet.


Syarat
  1. Mac anda tidak sedang menggunakan akses internet dengan menggunakan wireless. Jadi harus dengan kabel ethernet LAN (wiredLAN) atau dengan usb modem.
  2. Sebagai contoh, saya menggunakan wireless sebagai akses internet seperti gambar di bawah (klik gambar untuk memperbesar)
  3. Bisa sih sebenarnya mengunakan wireless untuk berbagi akses internet, tetapi dengan menggunakan ethernet kabel, bluetooth, dan FireWire.

Saya akan memberikan satu saja contoh berbagi akses internet dari Ethernet (kabel) ke Wireless.

Step by Step
  1. Buka System Preferences > Sharing
  2. Pilih menu Internet Sharing, jangan di check list karena kita akan men-setting terlebih dahulu. Lihat gambar di bawah untuk contoh setting-an nya. (klik gambar untuk memperbesar)
  3. Pilih "Share your connection from" sesuai device yang anda gunakan mendapatkan akses internet. Dalam tutorial ini saya memilih Ethernet karena saya menggunakan kabel untuk berinternet.
  4. "To computer using" pilih Wi-Fi
  5. Lalu klik tombok di kanan bawah "Wi-Fi Options". Isikan Network Name sebagai tampilan nama Wi-Fi connection anda (klik gambar untuk memperbesar)
  6. Channel bisa diisikan 11 ataupun automatic
  7. Security bisa diisikan untuk memproteksi device lain masuk secara bebas ke jaringan anda dan membuat lambak internet anda
  8. Bila sudah, pilih OK
  9. Lalu check list Internet Sharing, dan Close
  10. Perhatikan simbol Wireless di Mac anda pada Toolbar. Akan berubah dari Bar menjadi Logo Monitor.
  11. Dan Mac kita sudah siap untuk berbagi akses internet
  12. Silahkan searching dari device yang anda gunakan, BlackBerry, Android, another Laptop, or apapun itu.

Mudah bukan ? Ini salah satu alasan mengapa Apple diciptakan, untuk memudahkan penggunanya. Jadi Apple bukan sekedar "Life Style" tapi jauh daripada itu maknanya. Saya salah satu pengguna Apple yang tidak menanggapi Apple sebagai "Life Style".

Sekian tutorial kali ini. Apabila masih kebingungan boleh ditanyakan pada kolom komentar.

Regard's BanditHijo